Wisata Surabaya

By republikwisata 22 Mei 2022, 18:31:57 WIB Wisata

Kalau sedang berkunjung ke Surabaya, jangan pernah lewatkan untuk telusuri berbagai tempat wisata di Surabaya yang menarik, Moms! Jika dilihat dari sejarahnya, Surabaya memiliki banyak kisah dan peristiwa penting di masa lalu. Bahkan, Surabaya juga mendapatkan julukan kota Pahlawan berkat perjuangan para pahlawan di sana saat melawan penjajah di masa lalu yang sangat heroik. Benda-benda bersejarah yang merupakan peninggalan di masa lalu juga menjadi salah satu daya tarik dari Surabaya.

Namun, berbagai objek wisata yang modern juga ada dan dibangun sebagai sarana hiburan untuk masyarakat sekitar supaya bisa dinikmati bersama keluarga.

Daftar Rekomendasi Destinasi Wisata Surabaya

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata Surabaya yang wajib Moms kunjungi.

1. Kelenteng Sanggar Agung

Destinasi wisata Surabaya yang cukup ikonik adalah kelenteng yang lokasinya berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran. Moms bisa mengajak sanak keluarga untuk datang ke tempat ini karena ada banyak sekali hal-hal menarik di sini.

Di kawasan Kelenteng Sanggar Agung ini banyak berdiri patung-patung seperti Dewi Kwan Im yang merupakan ikon dari kelenteng. Ada juga patung Sha Nan dan Tong Nu serta patung naga yang meliuk dan paling sering dijadikan objek berfoto. Kelenteng ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata religi.

Jika Moms ingin lebih mendapatkan suasana sakral, maka sebaiknya kosongkan jadwal saat perayaan Imlek. Sebab pada masa tersebut, kelenteng ini akan sangat ramai dikunjungi orang untuk beribadah maupun wisatawan lokal maupun asing.

Harga tiket masuk juga cukup murah, yakni sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000 saja.

Moms juga bisa masuk menggunakan mobil atau bahkan sepeda motor untuk menuju ke sini.

2. Patung Buddha 4 Rupa

Tak jauh dari Klenteng Sanggar Agung, Moms juga bisa mengunjungi Patung Buddha 4 Rupa yang sangat ikonik. Jadi, Moms tak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk melihat patung Buddha ini karena letaknya sangat dekat dari Klenteng Sanggar Agung, bahkan harga tiket masuknya pun gratis.

Jika diperhatikan, patung ini cukup besar dan memiliki 4 rupa dengan 8 tangan. Banyak yang bilang bahwa patung Budha yang ada di Surabaya ini mirip dengan patung Budha Thao Maha Phrom yang ada di Bangkok, Thailand.

Tak hanya dijadikan tempat untuk beribadah, banyak juga wisatawan yang datang ke sini untuk mengabadikan patung ini lewat foto.

3. Tugu Pahlawan

Karena Surabaya adalah Kota Pahlawan, maka Moms wajib untuk mengunjungi Tugu Pahlawan yang merupakan momen penting bagi kota ini. Monumen ini juga merupakan ikon dari Surabaya yang sangat populer dan cocok jadi salah satu rekomendasi wisata Surabaya.

Tugu Pahlawan juga dikelilingi oleh tanaman hijau yang rindang, sehingga cocok jika Moms datang ke sini untuk tujuan bersantai setelah keliling Kota Surabaya. Tugu ini berlokasi di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Moms tak perlu mengeluarkan biaya untuk memasuki kawasan Tugu. Dalam sejarahnya, tugu yang menjulang tinggi ini tercatat sudah berdiri sejak masa penjajahan.

4. Museum House of Sampoerna

Rekomendasi destinasi wisata Surabaya selanjutnya adalah Museum Kretek atau Museum House of Sampoerna. Ini adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi karena menyimpan banyak koleksi sejarah yang menarik.

Museum kretek yang beralamat di Taman Sampoerna 6 ini juga awalnya merupakan tempat pertama produksi rokok Sampoerna. Jika Moms ada kesempatan untuk berkunjung, maka Moms akan mengenal sejarah kretek di Indonesia.

Mulai dari mengenal jenis-jenis cengkeh, pemantik rokok, dan tentu saja bisa melihat proses pembuatan rokok itu sendiri. Hebatnya lagi, saat berkunjung ke museum, Moms bisa keliling Surabaya gratis dengan menggunakan sebuah bus.

Namun jika Moms lelah setelah seharian keliling museum, Moms juga bisa mendatangi kafe dan tempat penjualan souvenir di lantai 2. Museum ini beralamat di Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Kec. Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur. Moms tak perlu mengeluarkan uang untuk masuk museum. Museum ini juga cukup instagramable sehingga Moms bisa berfoto bersama keluarga.

5. Museum 10 November

Apabila Moms juga ingin tahu secara terperinci cerita tentang perjuangan masyarakat Surabaya saat melawan penjajah pada peristiwa 10 November 1945, maka Moms bisa datang ke Museum 10 November. Ini karena museum tersebut merupakan gudangnya dari cerita dan bukti sejarah perjuangan para pahlawan di Surabaya. Untungnya lokasi dari museum ini juga tak jauh dari Tugu Pahlawan, yakni masih sama-sama di Jalan Pahlawan.

Di lokasi wisata Surabaya https://www.youtube.com/channel/UCp1Y-gCXEUnKTIRdop6uOCQ ini, Moms akan melihat banyak sekali foto dan lukisan dari situasi zaman perang.

Bahkan, ada juga benda koleksi dari bukti perjuangan Bung Tomo dan peralatan perang arek-arek Suroboyo. Moms perlu mengajak anak untuk mengunjungi museum ini karena ini bisa menjadi destinasi wisata edukatif yang sayang jika dilewatkan. Jangan khawatir karena biaya masuk tiket museum hanya Rp5.000 saja.

6. Ekowisata Mangrove

Ingin menikmati Surabaya dengan cara yang berbeda? Maka destinasi wisata Surabaya yang satu ini cocok untuk Moms. Moms dapat merasakan kesegaran di tengah cuaca Surabaya yang terik dengan mengunjungi ekowisata mangrove yang beralamat di Jalan Raya Wonorejo No.1, Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. Ekowisata Mangrove ini juga bisa jadi pilihan tepat karena tempatnya yang bagus, bersih, serta murah.

Moms hanya perlu membayar Rp25.000 untuk masuk kawasan ini. Tak hanya bisa menghirup udara segar, Moms juga bisa menyusuri hutan mangrove di atas jembatan kayu. Berkat keindahannya, tempat ini juga cocok untuk dijadikan spot hunting foto.

Jika bosan, Moms juga bisa datang ke kolam pemancingan untuk bersama-sama memancing ikan.

7. Hutan Bambu Keputih

Tak hanya hutan mangrove, Moms juga bisa menikmati kesejukan di tengah terik dan panasnya Surabaya jika mengunjungi Hutan Bambu Keputih. Ini adalah destinasi wisata Surabaya yang cukup banyak diminati dan sangat cocok jika Moms ingin berfoto ria dengan pemandangan alam. Pada awalnya lahan ini hanya dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah, namun kemudian disulap menjadi hutan bambu dengan pemandangan indah seperti sedang berada di Jepang.

Di sini juga banyak spot cantik dan menawan sehingga tidak lengkap rasanya jika Moms datang tanpa membawa kamera. Tenang, Moms tidak akan dipungut biaya untuk bisa masuk ke area hutan ini. Hutan ini beralamat di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya.

8. Gereja Katolik Santa Perawan Maria

Kalau di Jakarta ada Gereja Katedral yang menjadi gereja yang ikonik, maka di Surabaya ada Gereja Katolik Santa Perawan Maria. Ini adalah destinasi wisata Surabaya juga dan tercatat sebagai salah satu yang tertua di kota ini. Bangunan gereja ini memiliki struktur khas Eropa di Surabaya dengan interiornya yang juga tak kalah bagus dan megah.

Tempat ibadah umat Katolik ini dibangun atas inisiatif seorang pastor Belanda bernama Hendricus Waanders. Hingga kini, bangunannya masih terus bertahan kokoh dan berdiri berdampingan dengan SMA Katolik Frateran. Jika Moms berkunjung ke Surabaya, tak ada salahnya untuk mengunjungi rumah ibadah ini.

9. Kebun Binatang Surabaya

Untuk wisata Surabaya yang sifatnya edukatif, Moms juga bisa berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya. Meski sempat ada kontroversi yang terjadi, namun Kebun Binatang Surabaya termasuk salah satu kebun binatang tertua di Indonesia. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa destinasi wisata Suarabaya satu ini sudah berdiri sejak masa kolonial Hindia Belanda.

Hingga kini tercatat ada sekitar 315 spesies binatang hidup di tempat ini. Tiket masuk Kebun Binatang Surabaya juga tidak akan menguras isi dompet Moms karena terbilang cukup murah. Harganya berkisar di angka Rp15.000 untuk hari biasa dan Rp20.000 untuk akhir pekan maupun hari libur.

10. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam ini juga merupakan salah satu yang ikonik di Surabaya. Ia sejatinya adalah KRI Pasopati 410 yang sempat ikut berpartisipasi di operasi Trikora. Namun, kapal tersebut kemudian dipensiunkan dan dijadikan monumen hingga kini. Moms bisa datang ke lokasinya yaitu di Jalan Pemuda no 39, Embong Kaliasin, Genteng. Jika Moms datang ke lokasi wisata Surabaya ini, Moms bisa melihat langsung interior sebuah kendaraan militer.

Informasi mengenai sejarah dan sedikit gambaran pengoperasian kapal juga bisa Moms ketahui karena dicantumkan juga di sana. Moms juga akan disuguhkan film pendek mengenai pertempuran di Laut Aru. Menarik bukan?

11. Jembatan Suramadu

Ini adalah salah satu destinasi wisata Surabaya yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia karena jembatan ini tercatat sebagai jembatan yang paling panjang di Indonesia. Jembatan ini menghubungkan kota Surabaya dengan Pulau Madura.

Jembatan ini juga sebenarnya adalah jalan tol, namun kendaraan roda 2 juga masih diperbolehkan untuk melintasinya di pinggir. Memiliki panjang mencapai 5.438 meter, ciri khas arsitektur Jembatan Suramadu adalah bentangan cable-stayed dari baja dan lengkungan tinggi di bagian tengah jembatan. Fungsinya adalah agar kapal-kapal tetap bisa lewat di bawahnya. Badan jalan masih sangat mulus dan perjalanan ke ke Pulau Madura pun jadi lebih mengasyikkan.

Meskipun begitu, Moms tetap perlu berhati-hati karena angin yang bertiup di jembatan ini cukup kencang. Banyak juga kendaraan yang berhenti di bagian tengah jembatan untuk sekadar berfoto sambil menikmati keindahan dan kemegahan jembatan Suramadu ini.

12. Taman Bungkul

Di Surabaya juga banyak ruang terbuka hijau yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Taman Bungkul yang juga kerap jadi tujuan wisata Surabaya. Untuk Moms yang menginginkan suasana yang hijau, tenang, asri di Surabaya, maka taman ini wajib didatangi. Taman ini kini terletak di Jalan Raya Darmo dan kini telah kini menjadi salah satu tempat wisata murah meriah warga lokal.

Di sana, Moms tidak hanya bisa menikmati suasana yang rindang tetapi ada juga beberapa fasilitas penunjang yang ditawarkan. Mulai dari jalur bermain skateboard dan BMX, jalur jogging, wifi gratis, kios makanan kaki lima, telepon umum, taman hijau dengan kolam air mancur, hingga area bermain anak. Dengan adanya fasilitas yang lengkap, maka tak heran jika Taman Bungkul pernah berhasil menjadi taman terbaik se-Asia Tenggara pada 2013 silam.

Itu dia Moms, ragam rekomendasi destinasi wisata Surabaya yang patut dikunjungi. Kira-kira, tempat mana yang akan Moms kunjungi pertama kali saat berkunjung di kota ini?




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment